RSS

Kertas Kerja Kelompok (KKK) “Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Tidak Mampu di UPT Puskesmas Teluk Bintan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan”.

14 Jul

 

Untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu yang tidak terdaftar pada program Jamkesmas, di Kabupaten Bintan melaksanakan kegiatan Pelayanan Kesehatan bagi Keluarga Tidak Mampu atau dikenal dengan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan prinsip tidak komersial, pelayanan komprehensif, portabilitas, kendali biaya dan mutu, efisien, efektif, transparan dan akuntabel.

 Disadari meskipun perbaikan terus dilakukan, tentu saja masih banyak hal yang perlu dibenahi dan belum dapat memenuhi kepuasan semua pihak. Namun demikian diharapkan program Jamkesda ini semakin mendekati tujuannya yaitu meningkatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini tentu akan tercapai melalui penyelenggaraan program Jamkesda yang transparan, akuntabel, efisien dan efektif menuju good governance.

Pada pelaksanaannya Jamkesda memiliki kendala yaitu masih terdapat (meskipun kasusnya sangat sedikit) penolakan pasien Jamkesda dengan alasan kapasitas RS sudah penuh, sistem rujukan belum berjalan dengan optimal, belum semua Rumah Sakit menerapkan kendali mutu dan kendali biaya, peserta masih dikenakan biaya dalam mendapatkan obat, penyediaan dan distribusi obat belum mengakomodasi kebutuhan pelayanan obat, penetapan status kepesertaan Jamkesda atau bukan peserta Jamkesda sejak awal masuk Rumah Sakit belum dipatuhi sepenuhnya oleh peserta, operasional kegiatan seperti kegiatan sosialiasi, advokasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan dalam keuangan serta kinerja pelayanan kesehatan masih belum berjalan sebagaimana seharusnya.  

Karena itu kami tertarik untuk menyusun Kertas Kerja Kelompok (KKK) dengan judul “Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Tidak Mampu di UPT Puskesmas Teluk Bintan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan”.

Dalam penulisan Kertas Kerja Kelompok (KKK) ini yang menjadi isu aktual, antara lain :

  1. Rendahnya  kualitas pelayanan kesehatan keluarga tidak mampu di UPT Puskesmas Teluk Bintan Kesehatan Kabupaten Bintan
  2. Sistem administrasi pelayanan kesehatan kurang efisien di UPT Puskesmas Teluk Bintan Kesehatan Kabupaten Bintan
  3. Kurangnya sarana rujukan pelayanan kesehatan di Kabupaten Binta

Dengan menganalisis isu aktual, maka rumusan masalah yang akan dijawab pada kertas kerja kelompok (KKK) ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Tidak Mampu di UPT Puskesmas Teluk Bintan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan?”.

Untul lebih jelasnya dapat didownload pada : ______________________

 

 

 

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: