RSS

LOMBA LAMPU COLOK DI BENGKALIS

08 Okt

Lomba colok merupakan kegiatan rutin setiap menyambut lebaran IDUL FITRI yang diadakan di Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau, colok disini artinya lampu yang dipasang dalam jumlah banyak dan kebanyakan membentuk Mesjid. Proses pembuatan juga cukup rumit, dimana sebelum memasang lampu colok terlebih dahulu membuat rangka yang kokoh tempat menggantungkan kawat, dimana rangka terbuat dari batang kayu yang dipasang sesuai dengan model mesjid yang akan dibuat, kemudian pada batang kayu yang terpasang tadi digantungkan kawat sesuai dengan model mesjid yang akan dibuat. (ini hanya segelintir proses pembuatan)….

Pada acara lebaran kali ini ada kisah yang memilukan, karena pemasangan kawat dan lampu colok telah memakan korban di salah satu desa di Bengkalis, tapi musibah ini tidak menyurutkan niat peserta lomba karena peserta lomba tetap semangat memasang lampu colok dihampir setiap desa bahkan setiap mesjid mengutus pesertanya sesuai dengan bentuk mesjidnya masing-masing.

Pada malam H-1 saya dan keluarga mencoba berkeliling Kota Bengkalis menikmati semarak lomba colok yang dilakukan oleh warga Bengkalis, perjalanan dimuali dari kediaman mertua saya di Meskom, Sebauk, Teluk Latak, Damon, akhirnya sampai di tempat yang cukup ramai yaitu di Air Putih. Disini jalan cukup menysakkan karena memang lampunya cukup semarak, sebelum masuk ke lokasi lampu colok juga didisain semacam terowongan lampu colok, tapi ada satu suasana yang menurut saya cukup mengkhawatrikan yaitu jumlah yang menonton lampu colok lebih banyak dibanding yang melaksanakan sholat tarawaih, karena kebetulan lokasi lampu colok berdekatan dengan mesjid di Air Putih.

By Moelsim

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 8, 2008 in Lomba

 

3 responses to “LOMBA LAMPU COLOK DI BENGKALIS

  1. mhb.haikal.adhinata

    November 25, 2009 at 3:25 am

    yahooooo,,,,,,
    keren…
    gitu donk, gw maw dunia tau apa itu bengkalis!!!

     
  2. wan abu fadillah

    Juli 23, 2010 at 6:40 pm

    terima kasih sudah membuat kebanggan tersendiri bagi kami pemuda melayu bengkalis

     
  3. nday

    Agustus 11, 2010 at 6:33 pm

    mantap..qu suka….
    kabupaten bengkalis i like…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: