RSS

BELAJAR GIS DAN GPS SAAT PEMUTAHIRAN DATA PROFIL KESEHATAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

23 Okt

Kebutuhan data dan informasi yang valid dan akurat belakangan ini dirasakan semakin memegang peranan penting. Hal ini dengan jelas ditegaskan dalam penentuan stratgei utama pembangunan kesehatan, dimana salah satunya adalah peningkatan sistem surveilance dan informasi kesehatan

Profil kesehatan merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk memperoleh data dan infromasi kesehatan yang pada intinya menggambarkan tingkat pencapaian penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan. Profil kesehatan juga dapat digunakan sebagai jendela untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat di suatu wilayah, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai informasi manajemen dalam penentuan kebijakan dan perencanaan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kepulauan Riau.


Penyusunan profil kesehatan Kepulauan Riau dilakukan setiap tahun dengan sumber data profil kesehatan Kabupaten/Kota yang ada di Kepulauan Riau serta data pendukung dari lintas sektor, sehingga untuk mendapatkan data yang baik tanggal 20 s/d 23 Oktober 2008 telah dilakukan pemutahiran penyusunan data profil kesehatan tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang dilakukan di Hotel Furia Jalan Merdeka Tanjungpinang.

Secara umum tujuan pemutahiran penyusunan profil kesehatn ini adalah untuk memperoleh data yang akurat dan valid, sedangkan secara khusus bertujuan memberikan pemahaman mengenai pedoman penyusunan profil kesehatan meliputi sistematikan penulisan, isi dan jadwal penysunan, memberikan pemahaman dan kemampuan mengenai beberapa materi yang menunjang dalam meningkatkan mutu profil kesehatan seperti permasalah/hambatan yang dialami, cara menganalisis data serta pemanfaatan GPS dalam pemetaan sarana dan prasarana kesehatan.

Pada kesempatan ini saya di minta untuk menjadi Narasumber untuk mentransfer ilmu tentang GIS dan GPS yang saya pelajari baik secara otodidak maupun melalui jalur pendidikan formal di SIMKES UGM. Peserta pertemuan ini adalah pengelola data profil kesehatan serta Sistem Informasi Kesehatan dari 6 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Kabupaten Bintan, Kota Batam, Kabupaten Karimun, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Lingga serta peserta dari masing-masing bagian/bidang di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

Materi tentang pemnafaatan GIS dan GPS untuk kesehatan ini cukup menarik bagi peserta, karena ini merupakan ilmu baru bagi peserta pelatihan dan memerlukan keterampilan khusus terutama kemampuan untuk mengoperasikan komputer, arcview GIS serta penggunaan GPS.

Sistematikan atau langkah-langkah pemberian materi ini dimulai dengan teori tentang apa itu GIS dan GPS serta bagaimana pemanfaatannya bagi kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan menginstall program Arcview, USB Driver, dan DNRgarmin GPS sebagai penghubung antara GPS dengan Arcview. Kemudian acara dilanjutkan dengan praktek penggunaan GPS sesuai dengan lokasi yang ditentukan oleh Panitia (Pak Susanto, Mba Efrida dan teman-teman), yaitu di Tepi Laut (depan rumah jabatan Gubernur Provisn Kepri), RSU Tanjungpinang, Puskesmas Pembantu Batu 5 bawah (belakang makam pahlawan) serta Hotel Furia Jalan Merdeka Tanjungpinang. Kondisi cuaca saat pengambilan titik koordinat sebenarnya tidak mendukung karena dalam keadaan rintik-rintik yang merupakan salah satu faktor terjadinya error koordinat.

Setelah selesai pengambilan 4 titik koordinat, kemudian acara dilanjutkan dengan untuk mengtransfer data dari GPS ke Arcview dengan perantara DNRgarmin52, pada prosessing ini tidak semua Kabupaten/Kota yang berhasil melihat output datanya di program Arcview karena adanya error (program USB driver kena virus), yang berhasil hanya Kabupaten Bintan, Kota Batam, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kingga sedangkan Kabupaten Karimun, Kota Tanjungpinang dan peserta dari bagian/bidang Dinas Kesehatan Provinsi Kepri mengalami kegagalan karena penyebab tadi.

Karena tidak semua Kabupaten/Kota yang sukses melakukan prosessing ini, maka dilanjutkan dengan cara kedua yaitu transfer data secara manual, dengan cara mengetik data titik koordinat ke dalam prgram excel kemudian disimpang dalam bentuk DBF4 dan dibuka dengan program Arcview, pada langkah ini semua Kabupaten/Kota telah berhasil melakukannya.

BEBERAPA FOTO LAINNYA…………………………….

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 23, 2008 in GIS

 

6 responses to “BELAJAR GIS DAN GPS SAAT PEMUTAHIRAN DATA PROFIL KESEHATAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

  1. joegank

    April 16, 2009 at 4:27 am

    om lama ngilang, saya udah nyampe di blognya om, saya tunggu kunjungan susulannya.

     
  2. bobi

    April 20, 2009 at 3:29 pm

    Saya butuh informasi Lowongan Pekerjaan, Bisnis, Dan Info Terlengkap Dan Terbaru

    salam
    Lowongan Kerja Dan Bisnis

     
  3. Apaan Apa

    Juni 18, 2011 at 1:14 pm

    pak muslim

     
  4. Apaan Apa

    Juni 18, 2011 at 1:15 pm

    pak ntar add ke apaan apa ya,,,,
    ini Roni,,,

     
  5. Ida

    Maret 16, 2012 at 2:05 am

    baru baca blog nya neh pak…. ternyata diupload ya kegiatan tempo doeloe..jd ingat kenangan di perencanaan..tp bisa dituntut neh pak, minta royalti…..hahahhahha

     
    • muslimpinang

      Maret 16, 2012 at 7:35 am

      heeeeeeeeeee…mau berapeeeeee….. 30 hari per bulan atau 7 hari perminggu hiiiiiiiiiii

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: