RSS

Kursus Singkat Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD di Puskesmas Tebet Jakarta Selatan

16 Apr

BLUD merupakan instansi lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas.

Pola Pengelolaan Keuangan BLUD yang selanjutnya disebut PPK-BLUD adalah pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diatur dalam peraturan pemerintah (PP), sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan Negara pada umumnya.

Untuk dapat mengelola BLUD, kaka instansi pemerintah harus memenuhi syarat subtansial, teknis dan administratife, yang terdiri dari:

Persayaratan subtansial:

  1. Penyediaan barang dan/atau jasa layanan umum.
  2. Pengelolaan wilayah kasawan tertentu untuk tujuan meningkatkan perekenomian masyarakat atau layanan umum
  3. Pengelolaan dana khusus dalam rangka meningkatkan ekonomi dan layanan kepada masyarakat.

Persayaratan teknis :

  1. Kinerja pelayanan di bidang tugas pokok dan fungsi layak ditingkatkan pencapaiannya melalui BLUD sebagai rekomendasi dari pihak berwenang.
  2. Kinerja keuangan instansi bersangkutan adalah sehat yang ditunjukan dalam dokumen usulan penetapan BLUD.

Persayaratan administratife :

  1. Pernyataan kesanggupan untuk meningkatkan kinerja pelayanan, keuangan dan manfaat bagi masyarakat
  2. Pola tata kelola
  3. Rencana strategis bisni
  4. Laporan keuangan pokok
  5. Standar pelayanan minimum dan
  6. Laporan audit terakhir atau pernyataan bersedia untuk diaudit secara independen

Puskesmas Tebet Jakarta Selatan merupakan salah satu instansi pemerintah yang menerapkan BLUD bidang pelayanan kesehatan sejak tahun 2006, sistem penganggaran yang sudah berjalan yaitu sumber anggaran subsidi untuk program serta gaji PNS yang diusulkan langsung oleh kepala SKPD (pimpinan puskesmas) kepada Bappedako dan dituangkan dalam bentuk DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) dan sumber anggaran BLUD yang didapatkan dari biaya/jasa pelayanan kesehatan yang telah diatur dalam peraturan daerah (Perda) retribusi.

Dalam pengelolaan BLUD telah diatur dengan SK Gubernur Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dimana pokok pikiran yang sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan di Kabupaten Bintan yaitu sistem pengelolaan keuangan retribusi yang disetor 100% ke kas daerah tidak perlu disetor dan dapat dikelola/digunakan untuk kebutuhan yang dianggap penting dan kebutuhan ini diatur dalam SK tersebut, antara lain:

  1. Biaya BLUD terdiri dari biaya operasional 35% dan non operasional 65%.
  2. Biaya operasional merupakan biaya pelayanan dan biaya umum serta administrasi.
  3. Biaya pelayanan terdiri dari : biaya pegawai, biaya bahan, biaya jasa pelayanan, biaya pemeliharaan, biaya barang dan jasa serta biaya lain-lain.
  4. Biaya umum dan administrasi terdiri dari : biaya pegawai, biaya administrasi, biaya pemeliharaan, biaya barang dan jasa, biaya promosi, biaya umum dan administrasi lainnya.
  5. Biaya non operasional yaitu biaya bunga, biaya administrasi bank, biaya kerugian penjualan asset tetapm dan penurunan nilai serta biaya operasional lainnya.

Biaya operasional dan non operasional dapat dikelola langsung oleh puskesmas tanpa harus disetor ke kas daerah. Hal ini memudahkan puskesmas sebagai BLUD dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta pemeliharaan sarana pelayanan.

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada April 16, 2010 in BLUD

 

9 responses to “Kursus Singkat Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD di Puskesmas Tebet Jakarta Selatan

  1. Dr Ngurah Putra

    Juni 1, 2010 at 1:33 am

    Mohon kirimkan ke email saya contoh dokumen BLUD untuk Puskesmas… Saya seorang dokter puskesmas dan tertarik dengan sistem ini.. Terimakasih

     
    • muslimpinang

      Juni 1, 2010 at 1:17 pm

      yang ada berupa dokumen dan cukup tebal, bukan dalam betuk file. maaf apabila saya tidak bisa mengirimkan dokumen bludnya

       
      • osa rafshodia

        Desember 6, 2010 at 6:27 am

        saya seorang kepala puskesmas di wilayah kota samarinda, bisakah saya memperoleh contoh dokumen blud untuk puskesmas ? bila iya, saya berniat untuk datang langsung, terima kasih

         
  2. sugeng riyadi

    Juni 16, 2010 at 3:30 pm

    saya sangat tertarik dengan model puskesmas tebet. bolehkah kami anjang sana kesana.

     
    • muslimpinang

      Agustus 25, 2010 at 2:02 pm

      silahkan saja berkunjung tapi mungkin di hubungi dulu minimal 1 minggu sebelumnya, sehingga mereka dapat melakukan persiapan sesuai dengan tema/topik yang akan dibahas disana. tks

       
  3. Novira maduratri

    Oktober 25, 2010 at 6:10 am

    Apa saya bisa melihat contoh dokumen LKP puskesmas??

     
  4. murdahai

    Januari 19, 2011 at 8:14 am

    puskesmas teman saya mah keuangan dipegang oleh kepala puskesmas.bendahara cuma tukang bikin catatan palsu.jd anakbuah suruh bikin spj saja uang ditilep si kapus betina gila gt menurut teman saya yg kerja dipuskesmas

     
  5. dr.trismi

    Februari 21, 2012 at 2:13 pm

    saya dr. kepala puskesmas di bandar lampung. Bisakah saya melihat dokumen untuk menjadi blud ( pola tata kelola, rsb, spm, dan keuangan). Klo bisa saya akan ke sana untuk melihatnya. terimakasih

     
    • muslimpinang

      Maret 16, 2012 at 7:33 am

      Mohon maaf baru dibalas, untuk mempelajari dokumen pengelolaan blud kami sangat terbuka sekali, untuk itu silahkan mengirimkan surat resmi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan Jl. Ir. Sutami No. 50 Tanjungpinang Kepulauan Riau Telp. 0771-21876, Fax. 0771-25395.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: