RSS

Pemanfaatan Buku KIA di Posyandu

21 Agu

Dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan anak di Indonesia, sistem pencatatan dan pelaporan merupakan komponen yang sangat penting. Selain sebagai alat untuk memantau kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir, bayi dan balita, juga untuk menilai sejauh mana keberhasilan program serta sebagai bahan untuk membuat perencanaan di tahun – tahun berikutnya.

Sistem pencatatan dan pelaporan dimulai dengan mencatat seluruh ibu hamil, bayi baru lahir, bayi dan Balita yang ada di suatu desa. Secara berjenjang, hasil pencatatan tersebut dilaporkan oleh Bidan di Desa ke Puskesmas, Puskesmas ke Dinkes Kabupaten/Kota, Dinkes Kabupaten/Kota ke Dinkes Propinsi dan Dinkes Propinsi ke Depkes. Pada tingkat Puskesmas dan Kabupaten, analisis yang dilakukan adalah menilai hasil cakupan kunjungan ibu hamil, persalinan oleh tenaga kesehatan, kunjungan nifas, penanganan komplikasi obstetrik dan neonatal, cakupan pelayanan KB, kunjungan neonatal, kunjungan bayi dan kunjungan balita. Termasuk dalam analisis tersebut adalah menentukan prioritas masalah dan penyelesaiannya. Hasil dari keseluruhan proses tersebut disampaikan pada sektor – sektor terkait untuk tindak lanjut sesuai dengan tingkat pelayanan di desa, kecamatan dan kabupaten/kota.

Oleh karena itu untuk memantau pemantapan cakupan program KIA telah dilakukan reformasi Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA). Dengan penyempurnaan pedoman tersebut, langkah-langkah kegiatan program dapat lebih diarahkan ke wilayah prioritas yang  paling perlu  untuk mendapatkan peningkatan pelayanan. PWS-KIA juga merupakan alat manajemen yang penting untuk dipergunakan oleh sektor lain yang terkait, khususnya aparat pemerintah daerah setempat.

Buku Pedoman PWS-KIA yang telah disempurnakan ini sudah seharusnya  digunakan sebagai acuan bagi para pengelola program KIA, sehingga dapat meningkatkan cakupan KIA  secara optimal.

Terbitnya buku Pedoman PWS-KIA yang telah disempurnakan ini merupakan reformasi buku Pedoman PWS-KIA 2004  dengan maksud untuk  memperkuat kembali fungsi  PWS-KIA.

Salah satu penelitian tentang buku KIA di Bojonegoro dapat didownload, mungkin dapat digunakan sebagai bahan rujukan baik untuk pengelola buku KIA maupun peneliti tentang kesehatan masyarakat,,,, silah download disini: Journal tentang Pemanfaatan Buku KIA

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 21, 2010 in Artikel n Jurnal

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: